I

Artikel

Alumni Mu`allimin NW Pancor Ciptakan Dua Alat Canggih Anti Maling

Rabu
13:30:00 21 Maret 2018

 

Suaranw—Alumni Madrasah Aliyah Mu`allimin Nahdlatul Wathan Pancor Angkatan 2013, Muhammad Zohrul Imam, yang saat ini tengah menyelesaikan tugas akhirnya kuliahnya, berhasil menciptakan dua alat canggih anti maling. Dua alat canggih itu lah yang menjadi penelitiannya untuk menyelesaikan skripsi pada jurusan teknik elektro.


Mahasiswa tingkat akhir Universitas Mataram ini menciptakan alat anti maling yang dipasang pada motor dan rumah. Meski memiliki tujuan yang sama ternyata dua alat anti maling ini memiliki perbedaan.


Sebagaimana dilansir dari radarlombok.co.id., alat anti maling untuk rumah dijelaskan tidak hanya bisa membunyikan alarm tanda orang asing masuk, tetapi juga bisa menghubungi pemilik rumah via telepon. Sementara, alat anti maling untuk sepeda motor, menggunakan sistem GPS yang bisa melacak keberadaan motor berada.


“Alat keamanan rumah yang dari pabrikan hanya bisa membunyikan alarm saja, tapi alat yang saya buat ini dapat otomatis nelepon ke pemilik rumah. Kalau alat keamanan yang di sepeda motor itu, di samping dapat mencegah pencurian juga dapat mencari posisi sepeda motor apabila terlanjur hilang,” ungkap Imam, pemuda Desa Rensing Bat, Kecamatan Sakra Barat ini.


Munculnya ide untuk membuat dua alat canggih ini tidak datang begitu saja, kejadian pencurian motor yang dialami bapaknya, Haji Muhsin, menjadi titik awal tekad Zohrul Imam membuat alat untuk mencegah pencurian. “saat ayah saya jadi korban, saya berfikir bagaimana cara mencegas aksi pencurian sepeda motor dan bagaimana mencarinya. Sehingga saya berinisiatif untuk membuat alat agar bisa mencegah pencurian,” tutur Mahasiswa dengan senyum khas ini.


Tidak hanya terinspirasi dari kejadian yang menimpa ayahnya, keadaan rumah warga yang sering kosong saat lebarannya, juga menginspirasinya untuk membuat alat anti maling untuk rumah. Dua alat ini sudah dicoba Imam di rumah dan di sepeda motor miliknya. Alat- alat yang diciptakan ini pun akan mengikuti lomba Teknologi Tepat Guna tingkat Kabupaten.


Untuk saat ini, penggunaan dua alat canggih ini sebatas yang digunakan Imam, dana yang kurang menjadi sebab tidak diproduksi banyak. Ia pun menunggu pesanan jika ada yang berminat untuk menggunakan alat canggih buatannya. (21/03). 3L/radarlombok.co.id/suaranw.

 

Sumber Foto: radarlombok.co.id

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Salim Rahmatullah

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1391072

    Total pengunjung : 619.053
    Hits hari ini : 100
    Total Hits : 1.391.072