I

Artikel

Cara Kontrol Penggunaan Gawai Pada Anak- Anak

Jumat
17:51:56 23 Maret 2018

 

SuaraNW—Keberadaan gawai canggih sebagai wujud kemajuan teknologi dan informasi telah banyak memberikan manfaat  kepada penggunanya. Sayangnya, penggunaan gawai yang berlebihan juga tidak baik dengan kemanfaatan waktu, terutama jika pengguna gawai adalah anak- anak.

Demikian, peran orang tua untuk mengontrol penggunaan gawai oleh anak- anaknya sangat penting. Tentunya, ada beberapa cara atau tips yang dilakukan untuk mengontrol penggunaan gawai.

Seperti dikutip dari antaranews.com, berikut tips atau cara mengontrol penggunaan gawai oleh pendidik sekaligus praktisi perlindungan anak dari SEJIWA, Diena Haryana:

  1. Katakan aku pinjamkan smartphone ini padamu dengan rentetan kesepakatan. Kalau ada hal- hal negatif, smartphone ini aku ambil.
  2. Tetapkan aturan pukul 18.00- 21.00 no gadget. Kita bicara. menjelang tidur boleh gawainya dilihat sebentar. Itupun tidak di ruang tidur. Tidak boleh ada gawai di ruang tidur, harus di luar.
  3. Kalau di rumah menggunakan desktop, posisikan layar agar terlihat di bagian luar sehingga kita tahu apa yang anak akses. Wifi hanya dinyalakan saat ada orang yang dewasa yang mengawasi.
  4. Harus ada konsistensi dari kesepakatan itu.
  5. Ketika membeli gawai, pasanglah parental control. Sering- seringlah  memeriksa history di gawai anak. Orang tua memilki hak karena gawai itu milik orang tua.
  6. Terapkan komunikasi asetif, antara lain selalu buka keran komunikasi dan tidak judgemental kepada anak.  Cari win solution terhadap permintaan anak. Gali informasi apa yang dia mau. Belum tentu apa yang dia mau buruk. Orang tua harus tegas tetapi santun. Bila begini, akan menyenangkan untuk anak.
  7. Terapka aturan pemakaian gadget maksimum hanya 4 jam 17 menit. Sesuai rekomendasi hasil riset.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengontrol penggunaan gawai anak- anak anda. Selamat mencoba! (23/03). 3L/antaranews.com/suaranw  

 


Sumber Foto: parentaldream.co.id

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Salim Rahmatullah

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1391084

    Total pengunjung : 619.058
    Hits hari ini : 112
    Total Hits : 1.391.084