I

Artikel

Ulama Berbeda Pandangan Soal Panji Rasul, Netizen Tampil Menghakimi Dengan Segala Kalam-Kalamnya

Jumat
05:13:50 02 November 2018

Masih hangat perbincangan warga net (netizen) tentang pembakaran bendera yang bertuliskan tauhid di dalamnya. Ada yang pro, ada yang kontra, dan ada juga yang mengambil jalan tengah seperti yang diambil oleh TGB. Dr. Muhammad Zainul Majdi, MA. Beliau berpandangan bahwa, pembakaran bendera yang bertuliskan tauhid tersebut merupakan perbuatan tercela namun beliau tidak bersepakat dengan penerapan konsep khilafah di Indonesia. Dikaitkannya pembakaran bendera “tauhid” dengan khilafah ini karena menurut oknum Banser yang melakukan pembakaran itu, yg dibakar adalah benderanya ormas terlarang HTI yang telah dibubarkan pemerintah. Dimana, ideologi HTI adalah ingin merubah sistem pemerintahan di Indonesia dengan sistem khilafah.

Soal bendera tauhid yang disebut sebagai panji Rasulullah, TGB dalam diskusinya dengan para awak media dan masyarakat umum di Jl. Proklamasi No. 53 Jakarta Pusat pada Kamis, 25 Oktober 2018 yang lalu menyampaikan bahwa, dalam litaratur-literatur yang telah dibaca, ia belum menemukan hadits yang menjelaskan bahwa panji Rasulullah SAW dikibar-kibarkan dalam situasi lagi damai atau kondisi normal.

Apa yang disampaikan TGB ini sepertinya sampai juga informasinya kepada salah seorang ustaz yang saat ini lagi naik daun yaitu Ustaz Abdul Somad (UAS). Dalam suatu wawancara yang dilakukan oleh TV One kepada UAS yang meminta pendapatnya mengenai panji rasul itu, beliau menyampaikan bahwa tidak benar bahwa panji rasul itu hanya dikibarkan pada saat perang saja. Pada saat damaipun pernah dikibarkan rasul. Begitulah pendapat UAS sembari membacakan dalilnya.

Perbedaan pandangan antara TGB dengan UAS ini kemudian tak lepas dari perhatian netizen. Netizen tampil dengan beragam komentarnya. Tak sedikit dari komentar yang saya baca di postingan yang memuat potongan wawancara UAS dengan TV One soal panji rasul itu berisi penghakiman kepada TGB. Bahkan! Ada komentar-komentar yang sangat sadis dengan menyebut bahwa TGB telah keluar dari jalur yang benar dan segera kembali bertaubat dengan ikut sama kelompok islam lurus versi mereka. Na’udzubillah.

Padahal, apa yang disampaikan TGB dan UAS ini tentu sama-sama memiliki dalil atau landasan masing-masing baru kemudian mengeluarkan pendapat. Bisa jadi hadits yang dipakai UAS sebagai dalil itu sama dengan dalil yang dipakai TGB namun kedua ulama ini memiliki perbedaan pemahaman atau penafsiran terkait dengan hadits tersebut. Bukanlah berbeda pandangan terhadap suatu persoalan itu merupakan suatu hal yang lumrah terjadi? Bukanlah para ulama’-ulama’ terdahulu juga kerap kali berbeda pandangan? Tak hanya dalam satu persoalan keagamaan saja melainkan bisa ratusan atau ribuan permasalahan sehingga kemudian melahirkan berbagai mazhab.

Tapi yah... namanya juga netizen. Kerap kali komentarnya lebih dahulu dari ilmu atau pemahamannya tentang suatu persoalan yang dikomentari. Tak kebayang akan seperti apa bullian para netizen jika ulama-ulama seperti Imam Syafii, Imam Hanafi, Imam Hambali, Imam Maliki dan ulama atau imam-imam lainnya jika hidup di Indonesia pada era media sosial saat ini kemudian mengeluarkan pendapat yang berbeda-beda. Sungguh tak kebayang!

Kembali ke masalah perbedaan pendapat antara UAS dan TGB, mungkin akan lebih bijak jika kita melihatnya bahwa betapa kayanya khazanah keilmuan yang dimiliki oleh Islam. Antara UAS dan TGB adalah dua orang ulama’ yang keilmuannya tentu tidak kita ragukan lagi.

Jika ada ada yang ikut dengan pendapatnya UAS monggo tanpa harus menghakimi dengan membulli ulama atau seseorang yang berbeda pandangan dengan UAS. Apalagi penghakiman yang dilakukan berdasarkan perbedaan pilihan politik semata. Sungguh hal ini sangat disayangkan!

Semoga Allah SWT membuka hati dan pikiran kita untuk bisa menerima perbedaan sebagai sebuah rahmat yang diberikan kepada kita. Amin. (MZ/SNW)

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Suara NW

Akun Resmi Suara NW yang Dikelola oleh Admin.

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1391025

    Total pengunjung : 619.037
    Hits hari ini : 53
    Total Hits : 1.391.025