I

Artikel

Sedyatmo: Si Penemu Sistem Pondasi “Cakar Ayam” Asal Indonesia

Kamis
16:32:07 20 Oktober 2016

Suaranw.com. Apron pelabuhan udara angkatan Laut Juanda, Surabaya, landasan Bandara Polonia, Medan, Soekarno Hatta, menara PLN, Jalan Tol Palembang-Indralaya, Jalan akses Pluit-Cengkareng, pabrik pupuk di Surabaya, kolam renang dan tribun di Samarinda,  dan ratusan bangunan-bangunan lainya terkonstruksi dari sebuah sistem pondasi yang terkenal di dunia. Rasa nyaman yang anda dapatkan pada tempat-tempat tersebut tidak anda dapatkan kalau bukan karena sistem pondasi yang keren.

Salah satu sistem pondasi terkenal di dunia itu tidak lain adalah  sistem pondasi “Cakar Ayam”. Sistem pondasi ini merupakan metode rekayasa teknik dalam pembuatan pondasi bangunan.  “Cakar Ayam”  Nama yang unik bukan?  Dilihat dari namanya, sistem pondasi ini sepertinya bukan buatan luar negeri; nampaknya  buatan orang Indonesia. ya, benar sekali.  Sistem pondasi “Cakar Ayam” ditemukan oleh seorang Insinyur asal Indonesia yang bernama “Sedyatmo”.

Ayo, ada yang kenal enggak? Sedyatmo adalah satu dari insinyur terkenal Bumiputera yang memiliki prestasi fenomenal.  Ia merupakan seorang priyayi dengan nama lengkap R. M. Sedyatmo, lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, pada tahun 1909. Kehidupannya sebagai priyayi membuatnya bisa bersekolah di Technische Hogeshcoll (THS) Bandung; yang pada tahun 1934 menjadikannya sebagai seorang insinyur dan bekerja di berbagai instansi –instansi pemerintah kala itu.

Sedyatmo dikenal dengan “Si Kancil”,  ayo kenapa ia dijuluki dengan “Si Kancil”? itu tidak lain karena kecerdasan yang dimilikinya; percis dengan gambaran Si Kancil yang selalu bisa mengelak dari berbagai ancaman, bahkan tipuan-tipuan binatang lain, kalau dalam dongeng binatang.  Ia selalu memilki akal yang cemerlang untuk membuat berbagai karya yang fenomenal; karena hobinya memang mengutak-atik segala sesuatu.

Karena hobi tersebut pula yang membuatnya bisa menciptkan sistem pondasi “Cakar Ayam”. Usut-diusut sejarah sistem pondasi ini, itu karena desakan untuk untuk mengalirkan listrik dengan daya tinggi ke Gelanggang Olahraga Senayan, dimana akan diadakan Asian Games pada tahun 1962. Pada tahun 1961, sebagai orang yang berkerja di PLN, ia diminta untuk mendirikan 7 menara PLN di daerah rawa-rawa Ancol. Dua menara berhasil ia dirikan dengan metode konvensional, tetapi tidak dengan lima menara; karena keadaan tanah yang lembek, hingga sulit mendirikan menara dengan metode konvensional.

Lima menara yang terbengkalai tersebut membuatnya memutar otak, hingga ia berhasil membuat sistem pondasi  yang terdiri dari plat beton, yang disokong oleh pipa-pipa beton di bawah pondasi tersebut. Plat beton dan pipa dilekatkan secara menyatu, hingga bisa kuat di tanah yang lembek. Nah, pada pondasi itulah kemudian didirikan menara-menara PLN; dan bermanfaat bagi terlaksananya Asian Games, 1962.

Penemuan Sedyatmo ini kemudian dipatenkan, dan digunakan diberbagai negara di Asia Tenggara, bahkan Eropa dan Amerika.  Seperti; Indonesia, Singapura, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Filipina,India, RRC,  Burma, Meksiko, Arab Saudi, Srilanka, Brazil, Qatar, Uni Soviet, Mesir, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Jerman,  Prancis, Italia, Denmark, Belanda, Argentina, Chile, Australia, Brunei Darussalam, Selandia Baru, Maroko, Portugal, Spanyol, dan lain-lain.

Pada akhirnya, Ia dipanggil Yang Maha Kuasa di Usia 75 tahun pada  tahun 1984. Jasa-jasanya yang besar membuatnya mendapat penghargaan yang tinggi dari negara, Ia diberikan penghargaan  Bintang Mahaputra Kelas I  dari Pemerintah Republik Indonesia. selain itu, namanya pun disematkan pada  jalan tol dari Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta. (20/10). 3L/Suaranw.com

Sumber foto: profil.merdeka.com

Sumber:

100 Tokoh Yang Mengubah Indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Konstruksi_cakar_ayam

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Salim Rahmatullah

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1109114

    Pengunjung hari ini : 14
    Total pengunjung : 578260
    Hits hari ini : 797
    Total Hits : 1109114
    Pengunjung Online : 1