I

Artikel

Inilah Sejumlah Fakta Yang Tak Terduga Ketika Seseorang Sudah Bekerja

Jumat
10:06:22 11 November 2016

Bekerja merupakan suatu aktivitas wajib yang harus diemban oleh semua orang di dunia, baik perempuan maupun laki-laki, dewasa, anak-anak, hingga orang tua pun tak luput dari kewajiban ini. Islam khususnya tidak memperkenankan sikap menganggur, sehingga bekerja merupakan hal yang terpuji dalam Islam. Terpuji dalam konteks agama disini adalah perbuatan tersebut disukai oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam sebuah hadis disebutkan “Sesungguhnya Allah Swt menyukai seseorang Mukmin yang bekerja”. Disini kita tidak akan membahas dari sisi hukum, karena sudah jelas bahwa bekerja merupakan kewajiban sosial.

Namun taukah Anda bahwasanya bekerja banyak manfaat yang tak terduga loh, mari kita simak paparan berikut ini:

1. Bekerja dapat memberdayakan daya imajinasi, otak dan khayal manusia senantiasa bekerja dan menghasilkan sebuah pemikiran. Tentu proses ini harus menggunakan akal pikiran, namun ketika imajinasi atau khayal berjalan tanpa aturan atau target untuk membuahkan hasil atau untuk mengetahui hubungan logis antar kasus-kasus maka ini akan merusak dan membahayakan manusia. Artinya jika seseorang  disibukkan dengan bekerja maka daya imajinasinya akan terkontrol dengan baik. dengan ini akan membuat seseorang menjadi lebih aktif dan tidak ada waktu untuk berkhayal yang bukan-bukan.

 2. Bekerja dapat mencegah perbuatan dosa, dosa umunya merupakan sebuah ledakan, ibarat mesin yang terlalu panas karena tidak memiliki sistem pendingin dan sistem pengaman, sehingga membuat mesin menjadi rusak sebagai bentuk akibatnya. Begitu pula dengan seseorang yang tidak bekerja. Mesin itu ibarat sebuah pikiran dan daya khayal manusia. Jika seseorang yang selama ini tidak bekerja mereka hanya menyimpan angan-angan saja, sehingga ledakan khayalannya dapat membuatnya menempuh jalan atau cara yang tidak benar. Kasus banyak kita saksikan pada pelaku-pelaku kriminal, lantaran mereka tidak memiliki pekerjaan yang benar atau tidak berusaha untuk bekerja.

3. Bekerja sebagai tolak ukur diri, salah satu manfaat bekerja adanya untuk pengujian diri (ikhtibar al-nafs). karena ini pengujian diri harus dilakukan oleh manusia, karena seseorang tidak akan tahu bakat serta kemampuan dirinya sebelum ia mengujinya. Dan melalui bekerja seseorang mengetahui kemampuan dirinya. Bekerja dapat melatih adabtasi untuk mengenal dirinya baik terhadap segala persoalan, sehingga apa yang dikerjakan akan benar-benar ditekuni. Hal ini akan menimbulkan etos dan daya kreasi yang tinggi. Seseorang mesti menyukai pekerjaannya dan melalui kerja itu sendiri seseorang dapat menjadikan sebagai tolak ukur terhadap dirinya sendiri.

 4. Bekerja dapat membuat seseorang bisa berpikir logis, dengan berpikir logis seseorang dapat mencari kesimpulan-kesimpulan yang baik. berpikir dengan pola logis ini mengantarkan seseorang pada jalan usaha yang baik. misalnya ketika seseorang mencari kemapanan ekonomi dengan jalan berusaha, meskipun barangkali modalnya kecil ia akan bisa mencapainya dengan berpikir logis yang mengantarkannya pada aturan yang baik dimana sejalan dengan prinsip kebenaran, dan tidak terjebak pada bisikan setan, khayalan, atau angan-angan belaka. Artinya melalui bekerja dan usaha manusia menjadi logis.

5. Bekerja berpengaruh terhadap perasaan, bekerja mempengaruhi perasaan seseorang dimana yang disinggung dalam al-Quran sebagai “al-Qalb” atau hati, sesuatu yang bersifat khusyu’, lembut, atau keras, bercahaya atau sebaliknya bersifat gelap. Salah satunya untuk menjadikan hati kita bercahaya itu yakni dengan bekerja atau beramal. Dimana dapat mencegah kekerasan hati, sebaliknya pengangguran dapat menimbulkan kekerasan hati.

Inilah sederet fakta yang dapat Anda rasakan ketika bekerja atau beramal. Namun hal yang sangat penting ialah bahwasanya bekerja dapat menjadikan manusia berkonsentrasi dalam berpikir, menstabilkan jiwa, hati, serta daya imajinasi dan fisik. Secara umum dapat dikatakan bahwa bekerja atau beramal merupakan agen yang membentuk dan mendidik manusia. Selamat bekerja!

------------------------------

Photo:http//blogspot.com

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Riza Mariani

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1043124

    Pengunjung hari ini : 7
    Total pengunjung : 576440
    Hits hari ini : 456
    Total Hits : 1043124
    Pengunjung Online : 2