I

Artikel

Mr. Ramanujan, Penemu Teori Partisi Melalui Intuisi

Sabtu
12:03:32 12 November 2016

Wahyu atau sesuatu yang berasal dari Tuhan yang diberikan kepada manusia merupakan hal yang sangat terpenting bagi manusia. Dengan wahyu atau dalam bahasa akademisnya dikenal sebagai intuisi merupakan sumber pengetahuan tertinggi dari tingkatan sumber-sumber pengetahuan yang lainnya, meliputi indra, akal, rasio, dan lain sebagainya. Siapa sangka intuisi ini bisa memberikan seseorang yang tidak mengeyang pendidikan tinggi sebuah teori matematika yang menjadi pedoman di Universitas ternama di Inggris, Trinity University. Seorang yang berasal dari keluarga yang kekurangan di India, Mr. Ramanujan.

Mr.Ramanujan merupakan seorang follow atau di Indonesia kurang lebih dikenal sebagai guru besar. Kisah hidupnya diabadikan dalam sebuah film yang berjudul  “The Man Who Knew Infinity”. Dalam film itu dikisahkan bagaimana seorang yang hanya lulusan SMP bisa memikirkan teori matematika yang paling susah, yakni dalam masalah Partisi. Yang kemudian diundang oleh dosen dari Universitas Trinity untuk mempublikasikan pemikirannya yang brilian tersebut. Namun suatu saat Professor yang mengajaknya itu mempertanyakan dari mana asalnya Mr.Ramanujan mendapatkan teori yang brilian ini. Mr.Ramanujan menjawab dengan indah “Saya mendapatkan teori ini dari Tuhan, ia bicara kepadaku, menaruh rumus-rumus pada lidahku saat aku tidur, terkadang saat aku berdoa”.

Itulah yang dirasakan oleh Ramanujan, semua yang ia dapatkan merupakan berasal dari sesuatu yang tidak bisa dirasakan atau dibayangkan dengan kasat mata.  Sesuatu itu dinamakan sebagai intuisi. Dimana intuisi dalam Islam merupakan sumber tertinggi dari ilmu pengetahuan. intuisi merupakan ranah justifikasi dalam tolak-ukur dalam bidang keilmuan. Berbeda halnya dengan Barat, mereka cenderung tidak mempercayai adanya sesuatu yang mencapai akal mereka, mereka hanya merespon hal-hal yang bersifat indrawi semata atau hal-hal yang bisa dieksperimen. Karena menurut sebagaian dari mereka sesuatu yang metafisika itu hanya permainan akal semata-mata dan tidak dapat dibuktikan karena metafisika sesuatu yang tidak bisa diempiriskan (dilihat dengan kasat mata).

Berbeda halnya dengan Islam, kita mempercayai adanya Tuhan dan alam ghaib. Dalam kasus atau kisah dari Ramanujan itu tentu tidak bertentangan dengan apa yang Islam yakini. Bahwasanya Tuhan yang menciptakan manusia sedemikian rupa untuk bisa mengenal kebesarannya. Kita mempercayai alam ghaib yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata tersebut, tentu keyakinan semacam ini merupakan bangunan dasar dari keyakinan seseorang. Pemahaman Islam akan sesuatu yang ghaib menunjukkan bukan hanya sekadar hal-hal yang bisa dilihat saja, namun hal-hal yang metafisis. Karena menurut beberapa filsuf Muslim hal-hal yang sifatnya materi ini merupakan hal-hal yang paling rendah dari tingkatan-tingkatan yang metafisis. Sehingga kita menyakini bahwasanya hal yang paling tertinggi yakni hal yang metafisis, yang meliputi segala sesuatu yang ada di alam semesta, yakni apa yang kita sebut sebagai Tuhan, Allah Swt.

Kembali pada kasus Mr. Ramanujan tersebut dapat memberikan warna khas selain pemikiran yang dipakai oleh Barat bahwasanya sesautu yang kita sebut sebagai intuisi itu merupakan sesuatu yang ada atau sesuatu yang nyata-nyata eksis. Dan tentu hal tersebut bukan berarti sebuah permainan sulap yang tiba-tiba langsung hadir pada diri seseorang. Tentu akan dibantu dengan faktor-faktor lainnya yang menyempurnakannya. Karena tidak akan terjadi apa-apa terhadap sesuatu jika sebab-sebabnya belum terpenuhi. Seperti ketika kita membuat adonan untuk membuat dinding pada rumah, adonan itu tidak akan tahan atau tidak akan jadi, jika adonan tersebut hanya sebatas semen dan pasir saja, pasti memerlukan adanya air untuk membuat ia bisa digunakan. 

---------------------------------

Photo:65.media.tumblr.com

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Riza Mariani

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1094782

    Pengunjung hari ini : 21
    Total pengunjung : 577861
    Hits hari ini : 594
    Total Hits : 1094782
    Pengunjung Online : 1