I

Artikel

Bagaimana Mewujudkan Impian Yang Paling Mustahil Sekalipun?

Senin
11:56:33 14 November 2016

Masa muda adalah masa harapan dan cita-cita, masa yang syarat dengan aktivitas dan keceriaan. Kehidupan masa depan seakan-akan tergambar di pelupuk mata remaja layaknya seperti impian-impian yang indah. Dengan ini remaja akan memikirkan bagaimana ia harus merencanakan dan melukiskan harapan-harapan tertinggi dalam benaknya. Kegagalan dan keberhasilan bukanlah tanpa sebab, sebab bagi keduanya mesti diketahui. Karena orang sukses sudah memasuki panggung kehidupan lewat jalan yang menjamin kesuksesannya, begitu juga dengan kegagalan. Inilah sederet rahasia untuk bisa meraih impian yang paling mustahil sekalipun.

  1. Mengukur Talenta (Bakat) dan Potensi, setiap rahasia memuat keindahan, maka beruntunglah orang yang menemukan talentanya. Alla swt menciptakan semua makhluk dalam keadaaan sama, memberikan potensi-potensi khusus kepada setiap individu manusia. Setiap manusia meniti sebuah jalan yang sesuai dengan talentanya. Oleh karena itu melalaikan cara ini juga banyak menyebabkan orang menjadi susah karena ia gagal dalam mengenali talentanya. Inilah mengapa mengenali talenta (bakat) ini menjadi sangat penting sekali.
  2. Meninggalkan Taklid Buta, salah-satu faktor kesuksesan ialah kita menjauhi ikut-ikutan yang belum terkaji dan tidak mengumumkan tanpa melihat kesiapan diri kita. Hal ini juga menjadi sangat penting agar kita tidak terjebak dengan wilayah pekerjaan orang lain. Orang-orang besar selalu menempuh jalan baru dan berangkat dari sebuah jalan yang belum terinjak oleh orang lain. Mereka menawarkan manisan-manisan baru kepada masyarakat. Bukan untuk ikut-ikutan kepada jalan yang dilalui oleh orang lain, apalagi tanpa mengukur kemampuan kita, siapa sangka jalan yang diikuti tersebut bisa berdampak buruk bagi diri kita.
  3. Konsultasi dan Musyawarah, kilat itu bisa muncul melalui gesekan dua kabel positif dan negatif. Tidak ada bedanya dengan kontradiksi dua buah pikiran, dapat memberikan sinar. Musyawarah disini bukan berarti menyerahkan diri kepada pilihan orang lain, melainkan jalan keluar bagi masalah yang dihadapi seseoang melalui pendapat banyak. Hal ini juga diperintahkan di dalam al-Quran Qs. Ali Imran ayat 159 “Dan bermusyawarahlah (hai Muhammad) dengan mereka dalam urusan itu.
  4. Tahu Kondisi Zaman, orang yang mengenal kondisi zamannya tidak akan tertimpa serangan masalah-masalah yang tak terduga. Sebelum suatu tindakan dilakukan, semestinya terlebih dahulu mengkaji secara seksama kondisi dan tuntutan zaman. Setelah itu barulah membuat kerangka yang tidak berbenturan dengan kondisi zaman. Bangsa-bangsa yang terbelakang dalam bidang politik mereka tentu memahami dasar kehidupan ini. Sehingga ada sebuah perkataan imam yang mengatakan “Janganlah berperang dengan masa yang tengah berjalan, karena masa itu justru akan memerangimu.”
  5. Keberanian dan Kesetiaan, di setiap sisi kehidupan terdapat hal yang tak disukai. Setiap bentuk perbaikan dan perubahan akrab dengan upaya dan usaha. Tetapi sinar keberanian dan kesetiaan mampu menyelesaikan semua masalah ini. Kaum pemberani berbuat dengan mengenal nilai dan tujuan  atau masalah sisi untung ruginya sebuah tindakan. Disini akan terlihat bedanya keberanian dan kecerobohan dan tingkah laku konyol. Orang-orang sembrono perbuat tanpa mau mengetahui utung ruginya tindakan mereka, sehingga mereka gampang dibohongi, dipermainkan, dan tertipu oleh kemampuan mereka sendiri.

            Itulah lima rahasia yang telah dipakai oleh para pendahulu kita, orang-orang besar termaksud pada Rasulullah Saw. Rahasia dan keberuntungan dari orang-orang sukses tidaklah sedikit. Yang jelas, mereka kebanyakan terdorong oleh potensi-potensi batiniah dan kecermelangan pikiran. Faktor-faktor semacam ini merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Allah Swt. Namun terlepas dari itu semua masih banyak faktor lain yang bisa mengantarkan kita pada impian yang kita dambakan. (13/11).Riza/Sumber: buku Bahagiakan Diri Anda, Ja’far Subhani. 

 

 

Photo:http://terapimotivasi.com/

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Riza Mariani

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1043130

    Pengunjung hari ini : 7
    Total pengunjung : 576440
    Hits hari ini : 462
    Total Hits : 1043130
    Pengunjung Online : 2