I

Artikel

Kisah Dua Umar

Minggu
06:09:50 01 Januari 2017

Tulisan singkat ini merupakan intisari Khutbah Juma’t di Masjid Al-Muttaqien Desa Perian tanggal 21 Maret 2014 yang disampaikan oleh Khatib : Ust. Solah Sukarnawadi, MA, penulis memuat ulang dari catatan di facebook.

 

Firman Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Mujadilah ayat 11, yang berbunyi : “Allah meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat”

Alkisah, Dulu pada zaman Rasulullah SAW ketika menyebarkan ajaran agama islam, ada dua orang kafir yang sangat diharapkan masuk islam oleh Rasulullah SAW. Kedua orang itu adalah Umar bin Khattab dan Amru bin Hisyam. Kenapa Rasulullah SAW sangat mengharapkan kedua orang tersebut untuk dapat memeluk agama islam? Yang pertama karena Umar bin Khattab adalah orang yang sangat tegas dan berani, sehingga Umar begitu disegani di kalangan kaum kafir Quraish. Dan yang kedua  Amru bin Hisyam adalah orang yang sangat bijaksana, setiap orang Quraish yang mempunyai masalah selalu minta petunjuk dan solusi kepada Amru bin Hisyam sehingga dia diberi gelar “Abul Hakam”.

Begitu berharapnya Nabi Muhammad SAW terhadap kedua orang tersebut, Beliau selalu berdoa “Yaa Allah jadikanlah Umrain (kedua Umar dan Amru) masuk islam”. Tetapi dari kedua orang itu ternyata yang mendapat hidayah hanya satu yaitu Umar bin Khattab, hatinya luluh memeluk agama islam. Sedangkan Amru bin Hisyam tidak mendapat hidayah hatinya tertutup dan tetap berada dalam kekafiran.

Kenapa Amru bin Hisyam tidak mendapat hidayah Allah SWT untuk memeluk islam, karena dia mempunyai 5 sifat yang ada pada dirinya. Kelima sifat tercela tersebut adalah:

  1. TIDAK TAHU (BODOH)
  2. TIDAK MAU TAHU
  3. TIDAK INGIN ORANG LAIN TAHU
  4. MERASA PALING TAHU (SOK TAHU)
  5. INGKAR KEPADA ORANG YANG TAHU

Dengan kelima sifat tersebutlah Allah SWT tidak memberikan hidyahnya kepada Amru bin Hisyam. Dan selama hayat dia tetap kafir, sehingga gelar mulia yang diberikan kepadanya yaitu ABUL HAKAM diganti menjadi ABU JAHAL.

Semoga kita tetap diberikan hidayah oleh Allah SWT untuk tetap dapat meningkatkan keimanan kita dan dapat menuntut ilmu yang barokah. Aamiin

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Asror MZ

Seekor burung kecil yang baru belajar mengepakkan sayap

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1043140

    Pengunjung hari ini : 7
    Total pengunjung : 576440
    Hits hari ini : 472
    Total Hits : 1043140
    Pengunjung Online : 1