I

Artikel

Bulan Pengampunan

Sabtu
12:57:42 15 Juli 2017

Oleh: Tuan Guru Bajang (TGB), Dr. M. Zainul Majdi, M.A.



Hati yang bersih akan menghasilkan sikap dan pemikiran yang jernih.
Jauh dari kepentingan memperkaya diri sendiri.


Tugas manusia sebagai khalifah di dunia tak bisa dijalankan dengan benar bila tidak berhati bersih. Rama dhan adalah mekanisme pe nyucian hati. Kebersihan hati menjadi syarat utama untuk membangun bangsa.

Hati yang bersih akan mengha sil kan sikap dan pemikiran yang jernih. Jauh dari kepentingan memperkaya diri sendiri. Hati yang bersih membuat seseorang mengutamakan kemasla hat an bersama berdasarkan keimanan.

Khalifah berarti pengganti Allah untuk merawat bumi. Tugas itu tidak akan dapat dilaksanakan kecuali oleh manusia yang memiliki kebersihan, baik lahir maupun batin. Ramadhan adalah salah satu jalan untuk mencapai itu.

Ketika menjelang Ramadhan, Umar bin Khathab mengatakan sela mat datang Ramadhan, bulan yang menyucikan manusia dari dosa. Abdul lah bin Umar bin Khathab juga berdoa agar Allah memberinya rahmat dan ampunan saat Ramadhan.

Bulan suci penuh dengan ampunan. Manusia penuh kekurangan dan bisa salah. Wajar saja karena insan adalah tempatnya dosa dan kelupaan. Hanya dengan ibadah, dua kekurangan ini dapat tertutupi, sehingga seseorang selalu berupaya sebaik mungkin meningkatkan kemampuan dirinya.

Sebagai bentuk kasih sayang, Allah menyiapkan mekanisme pembersihan diri manusia. Caranya dengan berpuasa dan memohon ampunan Sang Pencipta.

Puasa bukan sekadar menahan dari apa yang membatalkannya. Pahamilah lebih dalam lagi bahwa ibadah ini membuat kita menahan diri dari mengingkari Allah. Puasa membuat seseorang memahami dirinya tak bernilai karena yang berkuasa hanyalah Allah.

Dalam hadis, Rasulullah bersabda, shalat ke shalat dalam sehari, Jumat ke Jumat tiap pekan, Ramadhan ke Ramadhan berikutnya adalah penyaring dari Allah bagi manusia untuk bisa kembali pada Allah dengan ridha dan diridhai.

Janganlah meninggalkan shalat karena ibadah ini mengikis dosa-dosa yang mengotori hati. Shalat diibarat kan sebagai upaya membersihkan batin yang dilakukan minimal lima kali dalam sehari. Kalau ma sih ada dosa ter sisa, maka akan dibersihkan pada Ju mat. Terakhir, bila masih ada dosa tersisa, maka harus dibersihkan pada Ra madhan, bulan penuh ampunan, kasih sa yang, dan pembebasan dari api neraka.

Mari bersyukur atas nikmat Sang Maha Pengasih. Allah telah menganugerah kan iman dan Islam, sehingga kita bisa bertauhid dan mengagung kan asma- Nya. Insya Allah, dengan nikmat itu umat Islam memasuki Ra madhan dengan hati gem bira. Semo ga ini Ramadhan terbaik bagi kita.

Allah mengingatkan orang beriman untuk bertakwa. Kalau meninggalkan takwa dan tengge lam dalam nafsu, maka Allah tak akan merugi. Sang Pencipta adalah Mahakaya. Justru manusia yang merugi karena telah mengabai kan kehadiran Sang Pencipta, pemilik alam raya, penguasa semua ciptaan, dan sumber segala kebaikan.

Faidah beribadah akan kembali kepada manusia. Kualitas ibadah harus selalu dijaga agar komitmen seseorang tetap terjaga.

Rasulullah mengatakan, takwa adalah hal mendasar. Dengan takwa, tidak ada perintah Allah yang sulit dikerjakan. Larangan Allah akan mudah ditinggalkan.

Mari membiasakan diri mening katkan kebaikan. Jika ini dilakukan dengan baik, setelah Ramadhan diri kita akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bulan suci harus dijadikan ajang evaluasi. Bagaimana pemahaman kita terkait Alquran, akhlak, dan lainnya. Apakah yang sudah kita pahami dilak sanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan sampai kita membuang waktu dengan mengerjakan hal tak berguna. Gunakan waktu kosong untuk membaca Alquran, mening kat kan ibadah. Jika sebelumnya jarang melaksanakan shalat sunah, alang kah baiknya bila selama Ramadhan kita bisa menjalankan ibadah tersebut.

 

Sumber: Harian Republika

 

 

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Suara NW

Akun Resmi Suara NW yang Dikelola oleh Admin.

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1091820

    Pengunjung hari ini : 12
    Total pengunjung : 577806
    Hits hari ini : 687
    Total Hits : 1091820
    Pengunjung Online : 1