I

Berita

TGB: Organisasi Merupakan Wadah Perjuangan Bukan Instrumen Nostalgia

Sabtu
21:05:53 29 Juli 2017

 

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan, Tuan Guru Bajang, Muhammad Zainul Majdi, menyampaikan organisasi merupakan wadah perjuangan bukan instrumen untuk bernostalgia.  Hal ini disampaikan dalam pengarahannya pada penutupan  Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS ) PBNW dan Kongres Badan Otonom NW, di Gedung Putih, Pancor, Sabtu, (29/07).

“Organisasi adalah wadah perjuangan, bukan instrumen bernostalgia, yang menyebut-nyebut masa lalu, baik pengalaman yang cukup indah ataupun pahit” ucapan TGB kira-kira seperti ini. 

Menurutnya, memang penting untuk menyebut masa lalu, tapi untuk sekedar menjadi pelajaran saja, bukan malah menghabiskan waktu untuk bernostalgia. Apalagi jika masa lalu itu adalah masa lalu yang menyakitkan. Al-Qur’an sendiri  dalam menyebut cerita-cerita masa lalu tidak secara terperinci,  karena rincian, tempat kejadian, waktu, asal pelaku, bukanlah hal yang prinsip, tetapi pelajaran dari masa lalu itu yang penting.

Sementara, tantangan  yang akan dihadapi ke depan cukup berat. Karena itu organisasi harus memilki kader-kader yang bersemangat dan militan, ini menjadi tolak ukur keberhasilan organisasi. Berorganisasi hendaknya  memiliki tujuan dan tapakan yang baik. Di antara cara atau kaifiyat berorganisasi adalah memelihara akhlakiyat pesantren, adab, kehormatan, pemenuhan jasa-jasa baik.

Terakhir, disampaikan bahwa Jam`iyah merupakan tanggung jawab kolektif, yang menjadi dasar setiap program aksi.  Kemudian karena tantangan ke depan yang cukup berat, para kader diminta untuk memiliki kemampuan membuka diri, memberi bukan meminta, rendah hati kepada siapa pun, dan terus belajar secara berkesinambungan.  3L/SuaraNW.

 

Sumber Foto:

https://web.facebook.com/SaYaTGB/photos/pcb.1414481511968870/1414480798635608/?type=3&theater

 

Share

Berita Lainnya

Tentang Penulis

Suara NW

Akun Resmi Suara NW yang Dikelola oleh Admin.

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1094815

    Pengunjung hari ini : 21
    Total pengunjung : 577861
    Hits hari ini : 627
    Total Hits : 1094815
    Pengunjung Online : 1