I

Artikel

#KerjaGerakCepat:6 "Mengatasi Jalan Berlubang"

Jumat
06:57:10 04 Agustus 2017

#KerjaGerakCepat:6
MENGATASI JALAN BERLUBANG

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya yakin tidak semua orang tahu betapa mahalnya jalan asphal Hotmix apalagi jalan beton. Pukul rata 2 milyar rupiah/KM dengan lebar 3 meter. Mungkin karena itulah tidak banyak Pemerintahan yang dapat membuat atau memperbaiki jalan di awal periode Pemerintahannya. Kebayang betapa besar dana yang dibutuhkan dan betapa tidak mudahnya mengeksekusi tender2. Jasi sekali sepriode sudah bagus.

Sayangnya kebutuhan real selalu lebih dari yang mampu dilakukan. Itupun kalau jalannya tidak rusak. nah memperbaiki yang rusak dan mencukupi yang belum adalah tantangan yang sangat menggairahkan.

Beberapa tahun lalu, saya memposting sebuah ide yang telah saya lakukan sendiri dan hasilnya Oke. Asphal Sintetis berbahan baku tepung tanah cadas + Sedikit Semen + Cairan Pengeras Khusus buatan Laboratorium Hamzah. Dengan sentuhan tertentu aspal sintetis 10 kali lebih murah dari aspal hotmix ini tahan terhadap tekanan tinggi, anti patah, tidak ditumbuhi rumput, tahan hujan secara normal tiga tahun. Sifat lain yang sesuai dengan kebutuhan kita adalah cepat pengerjaannya, oleh siapapun bisa dilakukan.

1. Untuk jalan yang rusak, aspal sintetis ini bisa dengan segera untuk menutupi lobang-lobang dan bisa tahan seperti aspal hotmix itu sendiri. tujuannya agar tidak memperparah kerusakan dan kita memiliki cukup waktu untuk menunggu perbaikan sebagaimana mestinya;

2. Untuk jalan baru di desa-desa dan kampung-kampung pembangunan jalan dengan aspal sisntetis ini bisa lebih murah, cepat dan dapat dikerjakan oleh masyarakat sendiri. Ingat ini berbeda dengan jalan beton yang mahal.

3. Sekarang sudah ada TRUK MINI MOLEN MIXER, seharga 300 juta rupiah. Dengan truk ini bahan baku diangkut sekaligus dimix (campur) sambil jalan dengan semen dan pengerasnya, sesampai di lokasi langsung tuang dan masyarakat dapat membantu menyelesaikannya. Gotong royong mutlak agar masyarakat tidak terbiasa dimanjakan.

4. Sumber dana bisa dari pajak jalan raya, APBD seadanya, gotong royong masyarakat atau charity yang tidak mengikat.

5. 10 buah TRUK MINI MOLEN MIXER dapat menghasilkan 5 KM jalan kampung/hari. Dalam 250 hari kerja bisa diharapkan 1,250 KM. Kalau jalan itu berupa aspal hotmix maka kira2 nilainya = Rp. 2,500,000,000,000.- (2.5 Trilyun). Kalaupun memang ada duit sebanyak itu, bisa dialihkan untuk hal lain yang JUGA SANGAT PERLU, tetapi hajat pada jalur transportasi bisa dicover.

Ide ini sangat perlu diuji kehebatannya dalam sekala besar, karena dalam scala kecil sudah tidak ada masalah.

Saya menuliskan ide ini karena optimis para pembaca dapat membantu menyempurnakannya. Bukankah masyarakat yang MAJU DAN BERKAH itu cita-cita kita semua?

Wassalamu'alikum


Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Hasanain Juaini

Ketua Ponpes Nurul Haramain, Narmada, Lombok Barat, NTB.

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1094812

    Pengunjung hari ini : 21
    Total pengunjung : 577861
    Hits hari ini : 624
    Total Hits : 1094812
    Pengunjung Online : 1