I

Artikel

HIMMAH NW dan POLITIK

Jumat
11:38:30 01 September 2017

Sebuah pandangan terkait peran HIMMAH NW dalam politik

Oleh: Muhammad Rum

Ketua II bidang Pendidikan dan Dakwah HIMMAH NW Cabang Jakarta

Indonesia merdeka pada 17 agustus 1945 yang lampau merupakan sebuah anugerah dan hasil dari sebuah pergerakan seluruh lapisan masyarakat bangsa ini. Perjuangan bangsa yang dibayar dengan darah dan nyawa ini untuk merebut kemerdekaan tidak lepas dari keterlibatan para mahasiswa pada masa tersebut.

Bukan hanya itu, peran mahasiswa juga terlihat jelas dalam pelengseran rezim orde baru yang dimotori oleh mahasiswa. Begitu penting dan vitalnya peran mahasiswa dalam sejarah bangsa ini memang tidak bisa dilupakan begitu saja. Keterlibatan mahasiswa dalam politik bangsa ini memang sangat masif sekali. Setiap fase pergerakan-pergerakan yang dilakukan tentu dilakukan atas dasar sebuah kepentingan dan perjuangan demi menciptakan keamanan, ketentraman dan kesejahteraan bagi semua rakyat indonesia.

Mahasiswa-mahasiswa yang tergerak hatinya untuk berjuang dan membela bangsa ini tentunya mahasiswa yang memiliki semangat yang kuat dan tekad yang bulat sehingga bisa meraih kesuksesan. Mahasiswa yang tergabung dalam berbagai organisasi dan aliansi  mahasiswa ini memiliki satu tujuan dan tekad yakni meraih kemenangan. Disini terlihat sangat jelas betapa pentingnya posisi dan peran mahasiswa dalam perpolitikan bangsa ini. Para politikus besar yang sekarang ini duduk memegang jabatan dalam pemerintahan juga sebagian dari mereka merupakan produk atau kader dari sebuah organisasi mahasiswa yang ada dinegeri ini.

Organsasi besar dan memiliki pengaruh yang besar tentu akan menjadi organisasi mahasiswa yang memiliki ruang gerak yang lebih luas dan leluasa dibandingkan dengan organisasi yang jauh lebih keci dibawahnya. Dalam posisi strategis, organasisasi yang lebih besar tentunya memiliki keuntungan yang lebih besar pula. Organsasi mahasiswa seperti HMI, PMII, KAMMI tentu akan memiliki peluang yang jauh diatas organisasi mahasiswa lainnya saperti HIMMAH NW, atau lainnya.

Dari pembicaraan diatas tentu sangat menarik jika kita membahas organisasi yang baru berkembang dan masih kecil, terkait bagaimana pergulatannya dalam dunia politik bangsa ini.

HIMMAH NW merupakan salah satu organisasi pengkaderan yang secara konstitusional memiliki kesamaan dengan organisasi mahasiswa lainnya, tentu memiliki pandangan dan peran politik yang berbeda dengan organisasi yang sudah mapan dan besar. Organisasi ini merupakan organisasi yang bersifat religius sehingga menurut pandangan kalangan tertentu hanya mengedepankan semangat keagamaan semata sehingga mahasiswa sulit untuk menerima hal tersebut, karena mahasiswa sekarang dalam pandangan saya, cenderung memiliki tujuan politis yang strategis apabila tergabung didalam sebuah organisasi. Mahasiswa saat ini membutuhkan link dan senior yang memiliki kedudukan di pemerintahan. Ini menjadi sebuah masalah yang sangat serius karena pada dasarnya setiap organisasi memiliki ideologi yang cenderung sangat idealis dan sangat jauh dari politik. Sebagian besar organisasi sangat menekankan pada sebuah kajian, pergerakan dan pengkaderan. Hal ini tentu sangat menarik karena mengedepankan sikap intelektualitas yang memang menjadi tujuan mahasiswa.

Lalu bagaiamana pandangan HIMMAH NW terhadap politik bangsa ini ?

HIMMAH NW tentu memiliki pandangan politik tersendiri dan mungkin berbeda dengan organisasi yang lain. Sebagai organisasi pergerakan mahasiswa Himmah NW sangat menekankan terhadap kajian dan ilmu pegetahuan, sedangkan dalam hal politik HIMMAH NW tidak begitu banyak dibahas dalam term-term dan kajiannya. Tetapi walaupun demikian HIMMAH NW justru memiliki pandangan bahwa politik bukanlah sesuatu yang kotor, buruk atau jelek. Politik dianggap sebagai sebuah gelas kosong dimana apabila diisi dengan kopi maka gelas tersebut akan terlihat hitam, apabila gelas tersebut diisi dengan aneka jus maka terlihatlah seperti jus dan apabila diisi dengan air jernih maka akan terlihat bening dan tak berwarna.

Dari analogi diatas, dapat diartikan bahwa politik merupakan sebuah wadah atau alat untuk mencapai sebuah posisi atau jabatan tertentu. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara untuk menjalankan atau menggapai sesuatu tersebut haruslah sesuai dengan ketentuan hukum negara dan hukum agama. Politik diibaratkan sebagai sebuah kendaraan yang bisa mengantar menuju tujuan yang ingin dicapai. Dengan berpolitik juga banyak hal positif yang dapat dilakukan dalam rangka memajukan bangsa ini baik dari aspek pendidikan, kesejahteraan masyarakat (rakyat).

Menduduki sebuah jabatan strategis merupakan suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan baik dan bertanggung jawab. Dalam berpolitik juga dianggap sebagai sebuah ibadah sosial yang sangat efektif, karena ketika kita hanya sebagai masyarakat biasa kita hanya bisa melaksanakan ‘satu’ macam kebaikan, akan tetapi apabila memegang sebuah jabatan kita dapat melakukan ‘sepuluh macam kebaikan’.

HIMMAH NW menekankan pikir, zikir dan amal sebagai dasar dan motivasi dalam setiap hal positif.Bahkan dalam dunia politik, menurut pandangan HIMMAH NW, haruslah dilaksanakan oleh orang-orang yang memiliki kejujuran, ketaatan, dan pengetahuan agama yang mendalam. Hal tersebut menjadi modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang yang bergelut dalam dunia perpolitikan sebagai tameng dan rem untuk mengkrontrol dirinya dari kebijakan-kebijakan politik yang dapat merugikan negara dan rakyat.

Bagaimana Peran HIMMAH NW dalam Politik ?

Menurut pengetahuan penulis, sejauh ini belum ada kader HIMMAH NW yang menduduki sebuah jabatan strategis dalam sejarah perpolitikan bangsa ini. Hal tersebut dikarenakan kader-kader Himmah NW belum ada yang mumpuni dan mampu mencapai posisi strategis dalam pemerintahan. Walaupun harus ada beberapa kader yang aktif dalam partai politik, tetapi sampai saat ini belum terlihat hasil dan capaiannya. Alasan lain juga adalah HIMMAH NW merupakan organisasi mahasiswa yang sudah lama berdiri tetapi masih bergerak didaerahnya sendiri layaknya organisasi pimordial, sehingga kader-kader yang ada masih minim pengalaman. Organisasi ini juga baru terbangun dari mati suri yang begitu lama sehingga boleh dikatakan kader-kader yang ada tidak terawat dan terurus dengan baik.

Namun bukan hanya itu, peran dalam politik juga tidak harus menduduki sebuah jabatan strategis dalam sebuah pemerintahan, tetapi banyak tindakan yang bersifat politis yang dapat dilakukan selain menjadi kompetitor dalam dunia politik. Salah satu peran yang sangat luar biasa menurut penulis adalah kader-kader HIMMAH NW dapat berperan sebagai Komunikator. Peran ini menurut penulis sangat tepat dan sesuai dengan ideologi sebuah organisasi mahasiswa yang fokus dalam bidang pengkaderan dan pergerakan, karena sebagai komunikator tidak melepaskan esensi dari sebuah organisasi dan mahasiswa.

Menurut penulis, menduduki jabatan merupakan cerminan dari sebuah ambisi tetapi sebagai komunikator tentu seseorang dapat bekerja dengan sukarela dan memperjuangkan rakyat. Antara rakyat dan pemerintah memiliki jarak penghalang yang sangat signifikan sehingga dibutuhkan seorang untuk menjadi penghubung dan penyampai aspirasi rakyat kepada pemerintah.

Dari pembicaraan diatas dapat kita simpulkan bahwa HIMMAH NW memiliki pandangan politik yang sangat berbeda dengan organisasi lain yakni politik dipandagan sebagai sebuah wadah yang netral sehingga dapat diisi dengan berbagai macam warna. Politik dianggap sebagai sebuah sarana untuk melakukan ibadah sosial yang sangat efektif dan berdampak besar bagi bangsa ini. Adapun peran HIMMAH NW dalam politik adalah sebagai komunikator yang mampu menghubungkan rakyat dengan pemerintah sehingga aspirasi-aspirasi rakyat dapat didengar oleh pemerintah. 

Anda bisa bercengkrama dengan penulis melalui akun media sosial:

Fb: Rum Royen

IG: @rum_royen

 

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Salim Rahmatullah

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1040981

    Pengunjung hari ini : 6
    Total pengunjung : 576380
    Hits hari ini : 1341
    Total Hits : 1040981
    Pengunjung Online : 1