I

Artikel

Jadikan Shalat Sebagai Prioritas

Kamis
01:21:37 18 Januari 2018

 

Oleh: Khairil Anwar

Aktifis HIMMAH NW Cabang Jakarta

Terjemah Satu Bab dari kitab Likulli Hadatsin Hadits karya Guru kita Yang Mulia Al-Marhum TGH. Husnudduat. Kitab tersebut berisi tentang kisah-kisah dan hikmah. Saya menterjemah bagian sholat karena saya yakin bahwa sholat merupakan bagian yang terpenting dalam Islam. Bahkan Nabi SAW menyebutkan bahwa sholat merupakan ibadah yang pertama kali dihisab nanti pada hari kiamat dan merupakan barometer terhadap ibadah-ibadah yang lain. Yang mana apabila sholat sudah bagus maka ibadah yang lain pun akan bagus. Begitu pun sebaliknya apabila sholat rusak maka ibadah yang lain pun akan ikut rusak. Oleh karenanya sholat menjadi sesuatu yang sangat vital dalam Islam.

Namun ironisnya fenomena yang kita lihat di era ini banyak sekali umat Islam yang melalaikan dan meninggalkan sholat. Dan lebih ironisnya lagi yang meninggalkan sholat bukan hanya dari kalangan biasa akan tetapi dari kalangan terpelajar_termasuk di dalamnya mahasiswa. Oleh karena itulah saya mencoba menterjemah bagian sholat ini dengan harapan mudah-mudahan dengan tulisan yang singkat ini bisa menggugah jiwa pembaca khususnya kader HIMMAH NW dan pembaca umumnya,   untuk menjadikan sholat sebagai prioritas dan tidak melalaikan apalagi sampai meninggalkan sholat. Semoga terjemahan ini bisa menjadi pahala yang tercatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT untuk guru kita TGH.Husnudduat.  Amin

KISAH TENTANG SHOLAT

  1. Dihiikayatkan bahwa Isa AS pernah melewati suatu kampung yang subur pepohonannya, banyak air sungainya dan penduduknya menghormati beliau. Beliau pun kagum akan bagusnya ketaatan mereka. Lalu, setelah tiga tahun berlalu Isa pun kembali melewati kampung tersebut dalam kondisi yang beda yaitu beliau melihat pepohonan yang kering, kerontang, sungai yang kering, tidak ada air mengalir maka beliau heran lagi dengan kondisi itu.

 

Lalu,  Allah SWT memberikan wahyu kepada beliau bahwasanya ada seorang yang suka meninggalkan sholat melewati kampung tersebut dan membasuh wajahnya dari sumber mata air yang ada di situ, maka seketika itu mata air tadi kering, pepohonan menjadi mati dan kampung itu pun menjadi rusak dan kumuh. Wahai Isa kalau lah meninggalkan sholat sebab hancurnya agama maka menjadi sebab juga rusaknya  dunia.

Dihikayatkan bahwanya ada seorang laki-laki berkata kepada Iblis:’ wahai Iblis aku ingin menjadi sepertimu. Maka iblis menjawab ; tinggalkanlah sholat dan janganlah bersumpah atas kebenaran.

 

 

  1. Dihikayatkan bahwa ada seorang laki-laki merayu perempuan yang sudah bersuami. Lalu perempuan itu pun memberitahukan suaminya tentang kejadian itu. Suaminya lalu mengatakan kepada istrinya; katakan padanya; sholatlah di belakang suamiku 40 pagi (hari) maka aku ikuti apa yang kamu  mau. Laki-laki itu pun melakukan perintah perempuan dan perempuan itu mengajaknya melakukan sesuatu terhadap dirinya. Namun laki-laki itu menjawab; aku bertobat kepada Allah SWT. Lalu si perempuan itu memberitahukan suaminya akan hal itu. Suaminya menjawab; Allah Maha Benar dalam firmanNya ‘’sesungguhnya sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar”.

 

  1. Terdapat cerita tentang Abu Hurairah bahwa beliau pernah mengadu kepada Rasulullah SAW tentang perutnya yang sakit. Rasulullah pun bersabda kepadanya; berdirilah kemudian sholat karena sungguh di dalam sholat terdapat penawar (obat).

 

 

  1. Pernah Sayyidah Robi’atul Adawiyah sholat sehari- semalam 1000 rekaat sambil beliau berkata; saya tidak menginginkan dari sholatku ini pahala akan tetapi agar Rasulullah SAW senang. Lalu Rasulullah berkata kepada para Nabi; lihatlah perempuan dari umatku, ini amal ibadahnya sehari semalam.

 

Rasulullah SAW bersabda;

 

Artinya: bertaqwalah kepada Allah SWT di dalam sholat, bertaqwalah kepada Allah SWT di dalam sholat, bertaqwalah kepada Allah SWT di dalam sholat. ( HR. Baihaki)

 

Kandungan Hadits

 

Takutlah murka Allah dengan sebab menyia-nyiakan sesuatu dari ibadah sholat. Jagalah dalam mempelajari tata cara pelaksanaannya dan kontinu dalam melaksanakannya baik mengenai waktunya, syarat-syarat dan rukun-rukunnya. Dan bersegera melaksanakannya baik jumat maupun secara berjamaah dan tinggalkan hal-hal yang makruh dalam sholat karena sesungguhnya sholat perkara yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. 

 

Faidah dan Pelajaran

 

  1. Diriwayatkan bahwa Jibril dan Mikail AS pernah berkata; sesungguhnya Allah SWT berfirman:’baramgsiapa meninggalkan sholat maka dia dilaknat dalam kitab Taurat Injil Zabur dan al-Qur’an.

Nabi SAW pernah pada suatu hari menyebutkan tentang sholat, lalu beliau bersabda; barangsiapa yang menjaga sholat maka sholat baginnya menjadi cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang tidak menjaga sholatnya maka dia tidak memiliki cahaya, bukti-bukti agama dan keselamatan bahkan dia akan bersama dengan Fir’aun, Haman, Qorun dan Ubay bin Kholaf pada tingkatan neraka paling bawah.

Dan barangsiapa meninggalkan sholat karena sibuk dengan bisnis maka dia akan bersama Ubay bin Kholaf. Barangsiapa meninggalkannya karena jabatan, dia akan bersama dengan Fir’aun, lalu barangsiapa yang meninggalkannya karena sibuk mengurus harta benda maka dia akan bersama dengan  Qorun. Sementara barangsiapa yang meninggalkannya karena sibuk urusan pangkat dan jabatan maka dia akan bersama dengan Hamaan.

  1. Diceritakan bahwa ada seseorang yang pernah berkata kepada Iblis:’aku ingin menjadi sepertimu, Iblis menjawab; tinggalkanlah sholat dan jangan pernah bersumpah dengan benar.
  2. Diriwayatkan bahwa Para Malaikat berkata kepada orang yang meninggalkan sholat.

Untuk orang yang meninggalkan sholat subuh; wahai orang yang ingkar. 

Untuk orang yang meninggalkan sholat zuhur ; wahai orang yang rugi.

Untuk orang yang meninggalkan sholat ashar ; wahai ahli maksiat.

Untuk orang yang meninggalkan sholat magrib; wahai orang kafir.

Untuk orang yang meninggalkan sholat isya ; wahai orang yang menyia-nyiakan sholat, semoga Allah menyia-nyiakan dirimu.

  1. Al – Allamah Al- Munawi rahimahullah pernah berkata:”sholat bisa mendatangkan rizki, menjaga kesehatan, menolak bahaya, mencegah penyakit, menguatkan hati, menyenangkan jiwa, menghilang sifat malas dan lainnya, membuat anggota badan menjadi rajin, memberi kekuatan, melapangkan dada, makanan untuk ruh, menerangi hati, memutihkan wajah, menjaga nikmat, menolak petaka, mendatangkan keberkahan, menjauhkan dari syetan, dan mendekatkan dengan Tuhan. Singkatnya bahwa sholat memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap kesehatan dan kekuatan  jasmani dan rohani.
  2. Sesungguhnya sholat adalah hubungan antara hamba dengan Tuhan. Seberapa besar kedekatan hubungannya maka sebesar itu juga dibukakan baginya pintu kebaikan, diberikan nikmat, dan tercegah dari bencana.
  3. Karena itu itulah bahwasanya Nabi SAW apabila ditimpa kesedihan dan galau maka beliaupun segera melaksanakan sholat.

Sumber Foto: Nu Online

 

Share

Artikel Lainnya

Tentang Penulis

Salim Rahmatullah

Komentar

Berita Populer

Artikel Populer

Nasihat TGB

Statistik Pengunjung

    1390979

    Total pengunjung : 619.032
    Hits hari ini : 7
    Total Hits : 1.390.979